Sabtu, 05 Mei 2018

kota solo

Kota surakarta juga di sebut solo atau sala adalah wilayah otonom dengan status kota di bawah provinsi jawa tengah, dengan penduduk 503.421 jiwa (2010) dan kepadatan 13.636/km. kota dengan luas 44km ini berbatasan dengan kabupaten karanganyar dan kabupaten boyolali di sebelah utara, kabupaten karanganyar dan kabupaten sukoharjo di sebelah timur dan barat dan kabupaten sukoharjo di sebelah selatan. dan kota ini juga merupakan kota terbesar ketiga setelah bandung dan malang menurut jumlah penduduk. sisi timur kota ini di lewati oleh sungai yang terabadikan dalam salah satu lagu keroncong, bengawan solo . bersama yogyakarta , surakarta merupakan pewaris kesultanan mataram yang di pecah melalu perjanjian gayatri pada tahun 1755.
     pariwisata di kota Surakarta
Surakarta juga di kenal sebagai daerah tujuanm wisata biasa di datangi oleh wisatawan yang berlibur ke yogyakarta juga akan singgah di surakarta , atau sebaliknya. tujuan wisata utama kota surakarta adalah keraton surakarta, pura mangkunegaraan dan kampung- kampung batik serta pasar pasar tradisonalnya.

di surakarta terdapat beberapa citywalk yang di tujukan untuk pejalan kaki dan pengendara sepeda, antara lain di koridor ngarsopuro di sepanjang jl. slamet riyadi ( sepanjang 6-7km dan selebar 3m ), dan di sepanjang jalan perintis kemerdekaan . tempat -tempat yang di tunjuk sebagai citywalk tidak boleh di lalui oleh kendaraan bermotor maupun bermobil.

    Destinasi kuliner yang wajib kamu datangin bila berkunjung ke solo:
1. Srabi notosuman: terkenal sejak 1923, srabi notosuman memiliki 2 varian rasa polos dan coklat. satu porsi berisi 10 buah dengan harga 20 ribu, sedangkan yang rasa coklat 25 ribu, anda bisa berkunjung ke gerai serabi di jalan mohammad yamin no 28

2.tahu kupat "SARI" pak brewok : hampir mirip dengan tahu gimbal semarang, sepiring tahu kupat solo terdiri dari ketupat, tahu goreng, mie kuning , kol dan tauge. isian tersebut kemudian di guyur air bawang dan kuah kecap serta di taburi irisan daun sledri dan bawang goreng. terletak di jl. RM SAID. buka dari jam 7 pagi-5sore

3. nasi liwet wongso lemu : terletak di jl. Teuku Umar, keprabon
4. menikmati suasana malam kota solo di wedangan pendhopo : terletak di jl. Srighading1 no.17, Turisari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar