Senin, 07 Mei 2018

makanan khas korea

makanan khas korea yaitu :

1. kimchi : kimchee/ kimchi adalah makanan khas korea yang terbuat dari sayuran yang di fermentasi dengan aneka macam bumbu dan biasanya memiliki rasa pedas dan asam . sayuran yang biasa di buat kimchi adalah sawi ( paling sering ), lobak atau timun. sementara bumbu yang di gunakan cabe, jahe bawang bombay,bawang putih, pasta udang dan saus ikan. untuk penyajian kimchi , kimchi di potong dan di sajikan langsung sebagai lauk atau bisa di gunakan sebagai bahan makan kore lainnya seperti : kimchi stew, pancake kimchi, dll.

2. kimbap : kimbap hampir mirip dengan suhsi , terbuat dari nasi putih, potongan ikan , daging , telur dan sayuran. yang di gulung dengan lembaran rumput laut kering ( gim ) lalu di potong-potong kecil untuk satu kali makan.

3. bibimbap : nasi campur ala korea yang terbuat dari nasi putih dan aneka macam sayuran dan lauk pauk serta saus sambal.

4. bulgogi atau pulgogi adalah makan khas korea selatan yang terbuat dari lembaran-lembaran daging sapi yang diiris tipis-tipis yang di masak dengan cara di panggang atau di tumis dalam pan, lembaran daging ini sebelum di masak biasanya di marinasi dulu dengan campuran kecap, gula, minyak wijen , bawang putih , lada dan bumbu lainnya seperti jahe agar rasanya lezat dan teksturnya lembut.

5. ramyeoun/ ramen : mie instan versi korea yang di sajikan menggunakan panci, di tambahkan sayuran atau telur, umunya memiliki rasa pedas dengan kuah yang sedikit lebih kental, dan mienya lebih besar dan kenyal.

6. jjangmyeon : salah satu hidangan mie khas korea yang di campur dengan saus kedelai hitam, sayuran , potongan daging dan terkadang seafood.

7. japchae : masakan korea yang terbuat dari mie tepung ubi di tumis bersama aneka macam sayuran, biasanya: wortel , bayam atau jamur yang diiris tipis-tipis yang di beri kecap dan gula.

8. soup rumput laut : sup ini biasanya di buat dengan merendam rumput laut kering di dalam air hingga lunak, kemudian memasukkannya ke dalam air kaldu sapi atau ikan. sup ini mengandung kalsium dan iodin yang tinggi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar